Aku hanya seorang pengeja kata sendu. Yang sedikit abu-abu. Bukan seseorang yang sedang patah hati, Lalu mengadu.

Kamis, 09 Februari 2017

BOOK REVIEW - Gadis Penenun Mimpi & Pria yang Melipat Kertas Terbang

-Petualangan menyembuhkan Hati yang luka-



Judul               : Gadis Penenun Mimpi & Pria yang Melipat Kertas Terbang
Penulis             : Gina Gabrielle
Cover design   : Uly Novita Andian Siahaan

-
Ada sebuah legenda yang membuatku penasaran.
Konon katanya, pada suatu tidur, kau bisa sampai ke suatu tempat yang disebut Ujung Pelangi. Di sana ada seorang gadis dengan wajah tertutup cadar yang akan menenunkan Mimpi untukmu.
Jika benar-benar ada yang bisa menenun Mimpi, aku ingin menemuinya. Sudah lama sejak terakhir aku melihat Mimpi.
Tapi sepertinya itu hanyalah kabar angin belaka. Bagaimana mungkin Mimpi bisa ditenun?
-

Dongeng ini berkisah tentang Kura-Kura Pengelana yang melakukan petualangan panjang demi menyembuhkan Hati-nya yang luka. Kura-Kura Pengelana tidak sendirian, ia didampingi oleh seekor burung berdasi kupu-kupu. Burung mungil yang suka menampilkan ekspresi nan angkuh dan kaku, Ahem... burung itu bernama Kol.Ibri.

Dalam petulangan Kura-Kura Pengelana, ia melihat banyak hal yang tak biasa dan mengunjungi tempat-tempat yang tak biasa. Seperti halnya Istana Masa Kini, Kastil Masa Lalu, Negeri Bawah Danau, Liang Hati Terdalam, Pintu Masa Depan, Hutan Kabut dan berakhir di Ujung Pelangi, tempat tinggal Gadis Penenun Mimpi.

Dongeng ini juga berkisah tentang Gadis Penenun Mimpi yang merelakan Hati-nya hancur berkali-kali demi menyempurnakan bahan untuk menenun Mimpi dan memberi Mimpi kepada orang lain. Ada empat bahan untuk menenun Mimpi, yaitu Benang Perasaan, yang dipintal bersama keberanian dan kepercayaan. Warna Keajaiban. Kegigihan. Yang kempat dan yang terakhir adalah Hati yang penuh cinta kasih milik Gadis Penenun Mimpi.

Lalu, ada kisah lainnya. Kisah tentang Putri Boneka yang lelah dituntut untuk sempurna oleh Raja dan Ratu Istana Masa Kini. Kisah tentang Pangeran Landak yang dicintai tidak tulus, bahkan oleh kedua orangtuanya sendiri. Kisah tentang Pangeran Harimau Putih dan Dayang Tikus dari Negeri Bawah Danau.

Dan yang paling menarik perhatianku adalah kisah makhluk yang disebut Perasaan Tanpa Nama yang senang bersembunyi di Liang Hati Terdalam. WAH... PERASAAN? TANPA NAMA? Perasaan seperti apakah itu? Aku bahkan jadi bertanya-tanya. Dan ada sebuah nyanyian untuk meninabobokan Perasaan Tanpa Nama dengan penuh cinta.

"Memang terkadang cinta itu sulit.
Terkadang cinta harus menunggu.
Terkadang cinta tidak terbalas.
Terkadang cinta berurai air mata.
Hlm. 117."

Aku suka cara bercerita penulis. Setiap kata-katanya mengalir ringan dan mudah dicerna. Dan yang paling bikin aku salut, sang penulis rajin menyapa pembaca lewat sapaan lembut “Teman, Temanku, Temanku yang baik.”

-
Temanku yang baik, bila aku boleh memberi saran,
Bacalah kisah ini dalam ketenangan malam hari.
Biar bagaimanapun, Warna Keajaiban lebih nyata
Disela-sela pekatnya gelap malam.
-

Hingga saat ini, aku sudah membaca ratusan cerita, tapi baru kali, ada penulis yang ramah. Temanku, rasanya menyenangkan disapa seperti itu sebagai pembaca. Ini juga pertama kalinya aku membaca buku karya Gina Gabrielle. Tidak sabar, menunggu karya berikutnya.

Sebagai penutup...
Temanku, biar aku beritahu beberapa hal menarik dari dongeng ini dan kuharap kau akan langsung tertarik menajadikan buku ini temanmu. Lepas dari kisah-kisah yang kuceritakan diatas, dongeng ini memberitahuku, bahwa Hati bisa terluka dengan cara yang berbeda. Bahwa Hati, juga bisa sembuh dengan cara yang berbeda. Lalu, bagaimana cara mencintai dengan benar?

Penasaran?
Mungkin aku lupa membahas tentang Pria yang Melipat Kertas Terbang. Siapakah Pria Itu? Mereka yang kembali dari Lembah Es sering bercerita tentang pria yang tak sanggup menanggung luka Hati, lalu akhirnya membekukannya dan menjadi penghuni abadi lembah itu. Mereka bilang, lama-kelamaan ia pun berubah menjadi es. Lantas hancur, dan menjadi serpihan-serpihan dingin tak berarti yang berhamburan ditiup angin. Akhir yang sedih, bukan?

"Teman, saat kau tidak tahu apa yang harus kau lakukan,
kau akan mencoba segalanya.
Bahkan hal yang paling tidak masuk akal sekalipun.
Hlm 9."

Hanya saja, bukan begitu akhir ceritanya. Aku tahu apa yang sebenarnya terjadi. Kau juga akan tahu, sebentar lagi, saat kau membaca kisahnya sendiri.

-
Dongeng ini dapat dipesan melalui nulisbuku.com atau www.gadispenenunmimpi.com
Skala 1 sampai 10, dongeng ini kuberi nilai 9,5. Kenapa tidak 10?
Temanku, tidak ada yang sempurna didunia ini.


Terimakasih kak Gina Gabrielle telah menghadiahiku buku Gadis Penenun Mimpi & Pria yang Melipat Kertas Terbang.

Terimakasih kak @dabelyuphi dan @dyahayu1606 telah memilihku sebagai pemenang pertama Giveaway #GadisPenenunMimpi yang berhak mendapatkan buku Gadis Penenun Mimpi & Pria yang Melipat Kertas Terbang.


Share:

15 komentar:

  1. Kutertarik dgn buku itu, bahan penenun mimpinya unik bener......hahaha

    Cerita perjalanan seperti itu sangat sering membuat kita penasaran. Tentang bagaimana keadaan tokoh utama, alur cerita, latarnya.

    Reviewnya keren banget kak ^_^

    BalasHapus
  2. Saya jadi tertarik gimana ceritanya. Filosofinya tentang cinta nya juga bagus. Kalo dapet rating 9,5 berarti bagus banget nih novelnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaa... iya, itu sih menurut penilaianku..
      Mungkin aja menurut penilaian kakak beda, pas baca sendiri.. :)

      Hapus
  3. Wah asyik nih dapet hadiah buku dongeng, memang terkadang kisah dari dongeng itu bikin pembaca penasaran ya.

    Dan jalan ceritanya dibumbui dengan berbagai imajinasi yang terkadang indah untuk dibayangkan, tapi sulit untuk direalisasikan hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, lagi beruntung dapat hadiah buku..
      Alhamdulillah... rezeki anak saleha.. :D

      Dongengnya emang menarik banget.. seru pas dibaca..

      Hapus
  4. kisahnya cukup unik ya, semacam filosofi cinta versi fabel. rada penasaran gue gimana wujud burung yang pake dasi kupu-kupu, lucu kali yak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penasaran? Boleh tuh cari bukunya di toko buku terdekat..
      Ahem... Biar ketemu Kol.Ibri.. :D

      Hapus
  5. Aku pnasaran, kpan2 cari bukunya ahh. Spertinya seru, ceritanya unik skali..

    Oh, jadi ini hadiah giveaway ya. Selamat ya..

    BalasHapus
  6. Kayaknya bikin baper nih bukunya, kutipan diatas yang bilang kalo cinta itu terkadang rumit, gue banget tuh hehehe... #curcol kadang gue juga suka baca buku-buku yang kayak gini, gatau kenapa jawaban-jawaban dari masalah hati/perasaan biasanya ada di buku-buku kayak gini.

    #salamsapa

    BalasHapus
  7. wih rating 9.5 coba.. bagus banget itu mah pasti novelnya, tapi masih bagusan kamu kok.. Eaaaa (cuma agak gendutan dikit) --> ngomong dalam hati

    Okeh fix melihat reviewnya itu kayaknya bikin baper deh, walaupun gue laki, gue suka baper kalo baca buku romansa, jangankan baca romansa, baca chat dari kamu aja aku baper, terus jatuh cinta deh ;)
    Jadi, kapan kita jalan?

    BalasHapus
  8. Widih, kayaknya bukunya seru nih. Dongengnya penuh dengan hati dengan luka dan juga cara menyembuhkannya yang dibalut dengan metode dan obat yang gak biasa. Hm... sumpah jadi penasaran, cuma bisa dibeli online ya? Di Gramed ada gak? xD

    BalasHapus
  9. dari reviewnya aja, cerita yang ada dibukunya terlihat sangat bagus, dan siapin tisu sebelum membacanya...

    BalasHapus
  10. Weh... ini dari reviewnya keknya buku ini bagus nih, walaupun ini berlatar belakang dongeng tapi kalo baca dongeng yang pake hati ini rasanya bikin baper.

    Recomended lah.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

CARI DISINI

KATEGORI

MENU

KATEGORI

IKUTI LEWAT EMAIL