Aku hanya seorang pengeja kata sendu. Yang sedikit abu-abu. Bukan seseorang yang sedang patah hati, Lalu mengadu.

Jumat, 04 November 2016

PENULIS SKENARIO Butuh Seorang Penemu


Gue baru aja baca blog tetangga, tentang seorang PENULIS SKENARIO sinetron Kiamat Sudah Dekat yaitu MUSFAR YASIN, katanya... PENULIS SKENARIO butuh seorang penemu.

Gue kutip sedikit dari blog tetangga, isinya gini... "PENULIS SKENARIO di Indonesia butuh seorang penemu. Sebab, sekarang ini kebanyakan PRODUSER hanya menggunakan mereka yang sudah dikenalnya. Itupun sebagian besar hanyalah seorang tukang ketik yang menuruti kemauan PRODUSERnya."

Gue sendiri, pengen banget jadi PENULIS SKENARIO, berarti gue butuh ‘penemu’ dong! Yah sayang banget, gue nggak punya koneksi ke PH. Gimana ya caranya untuk dapat ‘penemu’? Dan sebaliknya, apa para ‘penemu’ itu ‘mencari’ calon PENULIS SKENARIO?

Gue yakin, diluar sana banyak sekali calon PENULIS SKENARIO yang bingung naskah mereka mau dikemanain, apalagi untuk mereka yang sama sekali nggak kenal orang-orang TV.

Setelah gue pikir-pikir, untuk dapat ‘penemu’ kita harus terlihat. Caranya? Cara gue, gue buat blog ini, gue posting banyak hal tentang film, sinetron dan skenario yang gue buat sendiri. Yah, gue berharapnya ada PRODUSER, atau siapa aja deh yang berhubungan dengan PENULIS SKENARIO yang baca blog gue. Siapa tahu mereka suka sama cerita yang gue tulis #Ngarep. Tapi kalau kayak gitu sih, 0,00... persen ya kesempatan gue buat bisa jadi PENULIS SKENARIO. Hahaha... Mungkin harusnya gue nyerahin naskah gue langsung ke PH-nya.

Gue sedikit beruntung, beberapa waktu yang lalu, gue tertarik sama FTV, trus gue nulis sinopsis FTV. Dua sinopsis FTV berhasil gue tulis setelah baca sinopsis-sinopsis FTV lain dari blog tetangga. Udah tuh, modal nekat gue kirim sinopsis FTV itu ke PH yang biasa produksi FTV, gue kirim lewat email. Tiga bulan kemudian, BUMMMM!! Gue dapat kabar, sinopsis FTV gue dua-duanya diterima. Wahhh... gue senangnya bukan main. Satu bulan kemudian, tayang deh dua FTV gue. Untuk pertama kalinya, nama gue nongol dilayar kaca sebagai penulis cerita/ide cerita. Yuhuuuuu! Selamat untuk diri gue sendiri. Tapi untuk kedepannya, gue pengen nulis cerita FTV sekaligus skenario lengkapnya. Moga aja bisa! Aminnnn...

Balik lagi ke ‘penemu’. Gimana caranya dapat ‘penemu’? Ada yang tahu caranya?

Untuk para pejuang, calon PENULIS SKENARIO diluar sana, ayo tetap semangat! Kata orang bijak : Nggak ada yang nggak mungkin didunia ini selama kita nggak berhenti berusaha. Semangat!
Share:

36 komentar:

  1. Penasaran, kalo jadi penulis sinopsis FTV begini honornya berapa sih per skenario yg diterima? Temen gua kemaren ada yg sinopsisnya ditawar Rp. 35.000 / per skenario. Menurut gua sih agak keterlaluan ya harga segitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh... kalau nyebut honor, kesannya gimana gitu!! Honornya sih... aku cuma bisa bilang... 'Pantas.' Maksudnya... setara dengan susahnya mikir IDE Cerita..

      Kalo Rp. 35.000 wahh... itu sih keterlaluan banget, IDE cuma dihargai segitu.. tapi tergantung sih kemana kita ngajuin sinopsis itu..

      Hapus
  2. Wuidih keren. Kalo boleh tahu judul ftvnya apa yak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, nggak keren-keren banget sih..

      FTV-nya bisa dilihat disini.. FTV SCTV

      Hapus
  3. Okay. Berarti yang di kirim itu cuma sinopsisnya aja dan cerita lengkapnya PH yang buat gitu ya?

    Ajarin buat sinopsis dong kak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, cuma sinopsinya aja.. tapi kalau kita juga bisa nulis skenario lengkapnya, bisa juga..

      Waahhh... aku baru penulis pemula kakak, masih belajar, dan pastinya nggak berani buat ngajarin kakak.. :)

      Hapus
    2. Penulis pemula tapi udah bisa nulis sinopsis yang akhirnya disetujui PH. Bohong aja eh

      Hapus
    3. Mungkin aku lagi beruntung aja kak,, tapi sebelum aq nulis sinopsis, aku rajin nonton FTV, trus baca-baca sinopsis FTV dari blog tetangga, jadi sinopsis yg aku buat emang qu tulis sepenuh hati, ng asal, alhamdulillah diterima.. :D

      Ng bohong kok, kak.. Ini serius! :D
      Tapi sebelum nulis sinopsis FTV, aku emang udah sering nulis cerpen, cernak, dongeng yg biasa aku kirim ke majalah. Intinya, aku udah suka nulis dari dulu.. :)

      Sekali lagi, aku ng bohong! Karna aku udah terbiasa nulis aja.. :)

      Hapus
  4. nekat selalu bawa kita ke hal yang diluar expektasi kan, ini benar-benar keren!

    kalo boleh tau udah berpa lama nulis skenario? eh apa itu sama dengan nulis cerita pendek?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaa... iya.. karena awalnya emang sering nulis, nulis cerpen sih, trus kirim ke majalah-majalah tapi ditolak terus. Nah, pas mau kirim ke PH, ya ngirim aja, kalau ditolak, terima aja gitu karna udah sering ditolak, tapi nggak tahunya diterima.. Alhamdulillah..
      #curcoldikit

      Minatnya sih udah lama.. tapi nulis sinopsis baru beberapa bulan terakhir..
      Beda sih sama cerita pendek, soalnya kalau cerpen kan tokohnya terbatas, ceritanya lebih simple, beda sama FTV yang menuntut konflik dan konflik.

      Hapus
    2. inspiratif ya :"
      jadi ikutan bangga!

      Oh, iya betul. FTV tokohnya emang lebih banyak kan, settingnya juga beda-beda. itu maksudnya nulis sinopsis atau skenario? kan beda ya, atau?

      Hapus
    3. Iya, makasih kakak.. :)

      Sinopsisnya aja kak,,
      Law skenario, aku masih blajar..

      Hapus
  5. Wiiih keren mbk, udah bisa bikin ide tulisan yang dipakai buat FTV, ini merupakan langkah awal buat jadi penulis skenario mbk.

    Iya nih aku juga penasaran judul FTVnya apa? Aku kadang juga suka lho nonton FTV tapi kalau yang main bang vino hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. AMINNNNN... Emang niatnya sih pengen kesitu, tapi sekarang masih belajar, masih pemula.. Doain aja ya!! :D

      Untuk FTV-nya bisa dilihat disini.. FTV SCTV

      Hapus
    2. Iya semoga cita-citanya terwujud ya mbk. Lebih sering menulis dan berlatih aja hehe

      Aku tunggu ceritamu di FTV yang terbaru mbk, kalo bisa yang ceritanya menyentuh, dan ada unsur komedi tentunya. Aku suka komedi.

      Hapus
    3. Amin.. :)

      Iya kak.. masih usaha nih biar ceritaku diterima lagi.. :D

      Hapus
  6. gue nggk ngerri tentang post ini, FTV itu apaan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. FTV tuh film komedi romantis yang biasanya tayang jam 10 pagi atau jam 12 siang di SCTV.

      Hapus
  7. bumm, keren
    dua dua keterima :v
    kalo gue sih nyimpulin "elu kewren :v"

    beneran kepo jadinya, berapa sih honornya kalau boleh tau :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaa...
      Makasih2.. :D

      Wahhh... untuk honor, agak gimana gitu kalau nyebut nominalnya. Aku cuma bisa bilang kalau honornya juga keren banget. ;)

      Hapus
  8. penemu yang dimaksudkan di atas apakah bisa dikatakan seperti saya yg selama 9 malam berturut2 mengalami kejadian aneh di perintahkan membuat film dari awal sampai akhir cerita sembilan hari berturut turut ceritanya sama tentang penyebab kehancuran bumi dan tengelamnya bumi kita tercinta ini jika ada termpat menyalurkan cerita saya ini saya siap membetikannya secara sukarela demi terpeliharanya bumi tercinta ini 082176000234 ini no saya saya akan mencetitakan film ini dari awal sampai akhir mudah mudahan bisa jadi alat pendamai dan penyelamat bumi jika ini betul 2 di buat sebuah karya nyata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan kak, PENEMU yg aku maksudkan adalah Produser, Sutradara, pokoknya orang2 PH deh yg memberi kita peluang bergabung ke tim mereka untuk nulis skenario..

      Wahhh... sepertinya itu cerita yg bagus, kak..
      Saran aku, tulis dulu sinopsisnya atau skenarionya langsung, lalu ajuin ke PH.. :)

      Hapus
  9. Walaupun gue jarang nonton FTV, gue salut banget sama lo karena sudah berhasil jadi penulis skenario. Apalagi nama lo udah tertulis di layar kaca, wah pasti bangganya luar biasa :). Gue doain, semoga naskah-naskah selanjutnya yang lo tulis bisa diterima lagi dan dibuat FTV.. Keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, makasih.. :)

      Sedikit koreksi, aku cuma penulis cerita/ide cerita aja kak, bukan nulis skenario.. :D

      Soal nulis skenario, aku masih belajar. Tapi aku emang pengen jadi penulis skenario suatu hari nanti.. :D

      Aminnn... iya nih kak, aku masih usaha biar ceritaku diterima lagi dan dijadikan FTV.. :)

      Hapus
  10. Disini banyak loh yg sering syuting (aku daerah cibubur), dan kalo mau ketemu kru sinetron dll agak gampang sih. Saranku ya sering-sering main ke loksyut, akrabin diri sama kru, siapa tau kalo udah deket bisa dikenalin ke produsernya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh... betul tuh, aku setuju sama kakak..

      Tapi sayangnya, aku ng tinggal di Ibukota.. ng tau jg daerah Cibubur.. meskipun gitu sih, aku tetap pengen jadi penulis skenario.. :D

      Hapus
  11. Ternyata untuk menjadi penulis skenario, jalan untuk diterimanya lebih sulit daripada penulis buku yaa. Kalau penulis buku kan enak, tinggal dinilai dari segi kualitas tulisan. Kalau penulis skenario ternyata harus punya 'penemu' terlebih dahulu.

    Tapi btw, selamat yaa kemarin itu yang dua sinosis kamu sudah berhasil menjadi ftv, bangga banget lah pasti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, banyak yg bilang sih gitu. Aku juga ngerasa gitu, mencuri hati PH dengan tulisan kita yang masih pemula, itu susah banget.. :)

      Kalau soal penemu sih, itu tergantung keberuntungan aja. Mungkin diluar sana, ada yg jadi penulis skenario sukses, tanpa ada penemu.

      Iya kak, makasih.. :)
      Ini nih, senang sekaligus bangga.. :D

      Hapus
  12. Oooojadi penulis skenario itu semacam sutradara gitu iya....hahaha ku kurang paham, tapi klo bca komentar diatas kayaknya kmu dapat banyak apresiasi dari kawan kawan, klau begitu iya.....selamat 2 sinopsismua sudah menjadi ftv ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koreksi sedikit.. bukan, Penulis Skenario beda sama Sutradara.. Penulis Skenario itu kerjaannya nulis naskah film/sinetron.. kalau Sutradara itu kerjaannya mengarahkan pemain saat pembuatan film/sinetron.. Kira-kira seperti itulah perbedaan keduanya..

      Iya, makasih.. :)

      Hapus
  13. Swlamat yaaa naskah kamu tayang dan jadi FTV pula. Gimana sih caranya? Btw iya banget. Memang di dunia ini, kalau mau nunjukin bakat harus agak pamer sedikit kemampuan dan tetap belajar. Kalau katanya Chandra Liaow sih, nggak apa apa jelek yang penting sombong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, makasih.. :)

      Caranya, tulis cerita yg sesuai dengan keinginan PH.. yg pastinya menghibur seperti FTV-FTV kebanyakan..

      Wahhh... baru dengar sih istilah kayak gitu.. Ntar dikatain lagi.. "Udah jelek, sombong lagi." Hahahaa... :D

      Hapus
  14. Nulis sinopsis kayaknya udah susah banget karena kita harus mikirin ide besar ceritanya, kalo udah nulis skenario tinggal ke pengalaman aja sih kayaknya. Kalo udah biasa nulis dan banyak nonton film pasti mudah bikinnya Ayo Cigul! coba kirim Sinopsis sama skenarionya kalo bisa yang anti mainstream... biar banyak lagi yang nonton FTV. :D

    BalasHapus
  15. Kalau mau qrim sinopsis FTV SCTV, alamat emailnya apa?, trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal itu, mungkin bisa kakak cari sendiri di blog-blog tetangga yang memposting alamat email PH.. :)

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.

CARI DISINI

KATEGORI

MENU

KATEGORI

IKUTI LEWAT EMAIL